Menuju Pembelajaran New Normal

Oleh : P.V. Gunadi, S.Pd.,M.Kom (Wakasek Kesiswaan)

 

Pandemi Covid- 19 telah melanda dunia sejak tahun 2019, di Indonesia secara resmi kasus pertama diumumkan di bulan Maret 2021 oleh Presisden Joko Widodo. Selain ribuan warga negara Indonesia yang meninggal,  terdapat lebih dari tiga juta yang terjangkit penyakit ini. Perjalanan menuju tuntasnya pandemi ini masih dalam proses diupayakan oleh seluruh warga dunia termasuk pemerintah Indonesia, dan belum ada waktu pasti kapan akan berakhir.

Setelah hampir dua tahun pandemi covid 19 berjalan, telah terjadi banyak perubahan dalam berbagai sendi kehidupan, bidang sosial, ekonomi maupun dalam dunia pendidikan. Sekolah harus mengubanh strategi pelayanan kepada peserta didik. Penggunaan perangkat teknologi informatika dan komunikasi menjadi mutlak untuk melayani siswa belajar dari rumah masing-masing. Para guru atau peserta didik harus mengadakan perangkat laptop, HP dan jaringan internet agar dapat mengikuti proses belajar jarak jauh. 

SMA Santa Maria 2 Bandung turut terdampak pandemi covid 19, telah beradaptasi dengan situasi pandemi covid -19 dengan melakukan berbagai pembenahan misalnya melengkapi sarana sanitasi dan sterilisasi komplek sekolah, pembenahan perangkat pembelajaran di kelas dan kegiatan pendidikan penyuluhan untuk memberi wawasan kepada warga sekolah tentang perilaku sehat terhadap covid-19. Kerja sama dengan Puskesmas dan Rumah sakit untuk menghadirkan narasumber yang kompeten, adalah upaya memberikan bekal pengetahuan untuk orang tua dan peserta didik. Untuk memastikan kesiapan sarana prasarana, sekolah didampingi oleh tim Puskesmas dan Kecamatan Kiara Condong serta Dinas Pendidikan Jawa Barat, khususnya Cabang Dinas Wilayah 7. Semua proses ini dilakukan agar sekolah dapat menyiapkan diri menuju layanan pendidikan di masa New Normal

Pada hari Selasa, 28 September 2021 telah dimulai kegiatan Pra Simulasi Pembelajaran, selanjut akan dievaluasi sebelum masuk tahap simulasi, transisi, adaptasi kebiasaan baru dan terakhir masuk masa new normal. Semoga semua berjalan sesuai harapan bersama, Salam Sehat.

(28 September 2021)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *