SMA SANTA MARIA 2
dari waktu ke waktu

SMA Santa Maria yang beralamat di Jalan bengawan no. 6 Bandung tahun 1981 merasa kewalahan menerima kedatangan para orang tua calon siswa kelas 1. Mereka tidak dapat diterima di SMA Santa Maria bukan karena nilainya kurang, melainkan daya tampung sekolah yang terbatas.
Berdasarkan kenyataan itulah, maka Bpk. Drs. Petrus Simu selaku Kepala Sekolah , mohon kepada Ketua Yayasan Salib Suci untuk menambah daya tampung siswa kelas 1, yang kegiatan belajar-mengajarnya dilaksanakan pada siang hari. Permohonan itu dikabulkan oleh pihak Yayasan untuk membuka dua kelas baru siang dengan daya tampung 96 siswa.
Sebagai konsekuensi dari apa yang telah diputuskan Yayasan, maka pada tahun –tahun berikutnya dibuka lagi kelas baru untuk kelas siang, dengan jumlah pendaftar yang semakin bertambah terus.
Tahun 1983 kondisi kelas yang terdapat di SMA Santa Maria Bengawan siang sudah tidak memungkinkan lagi untuk kegiatan belajar-mengajar. Oleh sebab itu pada tahun yang sama dibukalah kelas jauh yang berlokasi di SMP Santo Yusup, Jalan Sulaksana Baru I/18.Tenaga pendidiknya adalah guru-guru yang juga mengajar di SMA Santa Maria Bengawan. Berkat ketekunan, kesabaran, kasih sayang, dan loyalitas para pendidik, SMA Santa Maria Sulaksana dapat berjalan dengan baik. Sesekali siswa SMA Santa Maria Sulaksana datang ke sekolah induknya, SMA Santa Maria Bengawan untuk mengikuti pelajaran mengetik, akuntansi, dan komputer.
Tahun 1983 terbitlah surat dari Kantor Wilayah Departemen P dan K Jawa Barat yang berisi tidak diijinkannya suatu sekolah untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar kelas jauh. Dampak surat tersebut menyebabkan banyak sekolah yang menyelenggarakan kelas jauh( fillial), termasuk SMA Santa Maria Bengawan untuk segera berbenah diri. Pihak Yayasan Salib Suci segera mengambil keputusan untuk membuka SMA baru, yaitu Santa Maria yang berada di SMP St. Yusup, yang siswa –siswanya merupakan siswa kelas jauh SMA Santa Maria Bengawan. Sejak itu SMA Santa Maria Bengawan berubah menjadi SMA Santa Maria 1, dan SMA Santa Maria Sulaksana menjadi SMA Santa Maria 2.
Bpk. Drs. Petrus Simu yang semula sebagai Kepala SMA Santa Maria 1, ditunjuk oleh YSS untuk memimpin SMA Santa Maria 2, beliau dibantu oleh Bpk. H.J. Murti Sumarno, B.A sebagai Wakasek Urs. Kurikulum dan Bpk. Fx. Sumanto sebagai Wakasek Urs. Kesiswaan.

PPDB ONLINE

Meskipun SMA Santa Maria 1 dan SMA Santa Maria 2 sudah berdiri sendiri, tetapi posisi guru yang mengajar di kedua sekolah tersebut masih sama.
Jumlah kelas pada saat itu adalah sbb:
Kelas 1 : 6 kelas
Kelas 2 sosial : 3 kelas
2 fisika : 2 kelas
2 biologi : 1 kelas
Kelas 3 sosial : 3 kelas
3 fisika : 2 kelas
3 biologi : 1 kelas
Setelah mandiri dan mempunyai hak otonomi, SMA Santa Maria 2 semakin berkembang dan terbukti:
1. Jumlah pendaftar kelas 1 terus bertambah
2. Lulusanya banyak yang diterima di PTN dan PTS (baik memalui PMDK atau UMPTN)
3. Lulusannya yang tidak melanjutkan ke PT, banyak yang langsung bekerja, sebab siswa –siswanya dibekali dengan ijazah akuntansi dan komputer.
Berdasarkan kenyataan itulah maka Yayasan Salib Suci segera membangun gedung baru berlantai 2 yang berhadapan dengan SMP St. Yusup khusus untuk SMA Santa Maria 2 yang dilengkapi dengan fasilitas:
1. Laboratorium fisika, kimia, dan biologi
2. Lapangan OR (basket,volley,badminton dan tenis lapangan )
3. Laboratorium
Berdasarkan keadaan tersebut SMA Santa Maria 2 terpaksa harus menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar pada pagi hari untuk kelas 1 dan 3 , dan siang hari untuk kelas 2.
Perjuangan masih terus berjalan sebab SMA Santa Maria belum berstatus, oleh sebab itu pimpinan sekolah beserta staf dan semua guru berjuang untuk memperoleh status melalui akreditasi sekolah. Dengan dikeluarkannya surat keputusan Dirjen Dikdasmen No. 4981/C/Kep/89, SMA Santa Maria 2 memperoleh status DISAMAKAN berarti SMA Santa Maria 2 berhak untuk mengadakan Ujian sendiri.
Secara berturut-turut mereka yang telah memimpin SMA Santa Maria 2 adalah…
1. 1986 – 1991 Drs. Petrus Simu
2. 1991 – 1996 Y.Suparno, B.A
3. 1996 – 2002 Fx.Sumanto,B.A
4. 2002 – 2005 P.V.Gunadi,S.Pd.
5. 2005 – 2012 Drs.Aloysius Riyant0
6 2012 – 2020 Dra.Yuliana Tri Hartati
7. 2020 – …. Anastasia Bekti Sri Rahayu,S.H.
Perjuangan segenap guru untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan sekolah terus berjalan seiring dengan perjalanan waktu dan tuntutan global. Wajah SMA Santa Maria 2 kini berbeda dengan 35 tahun yang lalu.

Sumber: Drs. E.Edy Cahyana